Kompetensi

Kompetensi

Definisi Teknik Komputer

Adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi desain, konstruksi, implementasi dan pemeliharaan komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari sistem komputasi modern, perangkat kontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas. Teknik komputer menekankan pada teori dan prinsip komputasi, matematika, sains, dan keteknikan, untuk diterapkan pada penyelesaian masalah teknis pada perangkat komputasi, perangkat lunak, dan jaringan (Association for Computing Machinery (ACM); IEEE Computer Society, 2015).

Karakter Lulusan Teknik Komputer

  1. Memiliki kemampuan untuk desain komputer, sistem berbasis komputer dan jaringan termasuk didalamnya perangkat keras dan perangkat lunak ataupun integrasi keduanya untuk memecahkan masalah-masalah terkini. Definisi desain sendiri adalah tingkat kemampuan diatas sekedar “perakitan” atau “konfigurasi” sistem.
  2. Memiliki kemampuan yang baik dalam bidang matematika, rekayasa keilmuan, dan lingkup keteknikan yang lebih luas diluar bidang kemampuan teknik komputer itu sendiri.
  3. Memiliki sikap dan etika professional dalam dunia keteknikan.

Profil Lulusan S1 Program Studi Teknik Komputer

Profil lulusan ditentukan dengan mempertimbangkan masukan dari Asosiasi [APTIKOM , 2015], ACM [Association for Computing Machinery (ACM); IEEE Computer Society, 2015], ketersediaan lapangan kerja, tracer study alumni, sumber daya manusia, beberapa kegiatan kuliah tamu dan kerja sama industri. Berdasarkan masukan tersebut, ditentukan profil lulusan S1 Program studi Teknik Komputer adalah sebagai berikut:

CE-P1: Perekayasa Komputer & Embedded System ( Computer/Embedded System Engineer/Firmware Engineer)

Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip rekayasa termasuk didalamnya merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan sistem komputer dengan sumber daya terbatas, bertujuan khusus (special purpose) dan bekerja pada lingkungan real-time.  Profil lulusan ini dibekali juga dengan pemahaman terkait dengan sistem kritis (fault tolerant system) untuk meningkatkan kehandalan dari sistem yang dibangun.

CE-P2: Perekayasa Perangkat Internet of Things (Internet of Things Engineer)

Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip rekayasa termasuk di dalamnya merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan sistem pervasive dan ubiquitous yang dapat melakukan akuisisi environmental data melalui sensor, melakukan pemrosesan dengan sumber daya terbatas, dan mengirimkan data melalui antarmuka komunikasi dan protokol IoT.

CE-P3: Perekayasa Perangkat Cerdas dan Otomasi (Robotics, Smart System & Automation Engineer)

Memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi bidang ilmu teknik komputer dan penerapan algoritme kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan akuisisi data melalui sensor, pengenalan sinyal, suara, atau citra untuk dapat diproses melalui algoritme kecerdasan buatan dan melakukan proses otomasi. Pada PS S1 TKOM UB Profil lulusan ini diperkuat dengan keilmuan spesifik terkait robotika/mechatronics dan Sistem medis.

CE-P4: Perekayasa Infrastuktur Sistem Terdistribusi  & High Performance Computing (Distributed & HPC System Engineer)

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur untuk big data baik pada level jaringan maupun sistem server dengan kemampuan menyediakan komputer berkinerja tinggi, infrastruktur cloud, pemrosesan parallel dan infrastruktur agile.

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo