Bimbingan dan Konseling

Dalam perjalanannya menuntut ilmu, mahasiswa tidak akan luput dari permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari baik secara akademik maupun non akademik. Masalah yang terjadi tersebut dapat mempengaruhi prestasi mahasiswa. Bentuk penyelesaian masalah tersebut tidak lepas dari kemampuan mahasiswa itu sendiri. Terkadang mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahannya tidak selalu berujung positif.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) sebagai bagian dari sebuah institusi pendidikan berskala internasional yang peduli terhadap kebutuhan dan permasalahan mahasiswa menyediakan wadah yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi baik permasalahan akademik maupun non akademik. Diharapkan dengan adanya wadah ini dapat memberikan dukungan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemandirian dalam menjalani studi dan mencegah atau mengatasi masalah yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.

Tujuan Unit Konseling adalah membantu mahasiswa dalam :

  1. Mewujudkan potensi dirinya secara optimal, baik untuk kepentingan dirinya maupun masyarakat.
  2. Menempatkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara konstruktif.
  3. Memecahkan persoalan yang dihadapinya secara realistis.
  4. Mengambil keputusan mengenai berbagai pilihan secara rasional.
  5. Melaksanakan keputusan secara konkrit dan bertanggung jawab atas keputusan yang ditetapkan.
  6. Menyusun rencana untuk masa depan yang lebih baik.

Fungsi Bimbingan dan Konseling serta Penasehat Akademik sebagai berikut :

  1. Penyaluran: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa mendapatkan lingkungan yang sesuai dengan keadaan dirinya.
  2. Penyesuaian (adaptasi): bimbingan berfungsi dalam rangka membantu mahasiswa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik lingkungan sosial pemukiman maupun lingkungan belajar.
  3. Pencegahan: bimbingan berfungsi dalam rangka membantu mahasiswa menghindari kemungkinan terjadinya hambatan dalam perkembangan diri untuk mencapai sukses belajar.
  4. Pengembangan: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa mengembangkan dirinya secara optimal dalam mencapai sukses belajar.
  5. Perbaikan: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa memperbaiki kondisinya yang dipandang kurang memadai.
  6. Pengadaptasian: bimbingan berfungsi dalam membantu Universitas Brawijaya menyesuaikan kebijaksanaan dengan keadaan mahasiswa.
  7. Petugas bimbingan dan konseling tetap menjaga kerahasiaan dari mahasiswa yang terkait dengan keperluan bimbingan dan konseling itu

Adapun program layanan Unit Konseling meliputi:

  1. Pelayanan bantuan pemecahan masalah, baik yang bersifat akademik maupun non akademik melalui konseling/konsultasi.
  2. Pemberian informasi kepada mahasiswa tentang berbagai hal yang berguna bagi pengembangan pribadi, sosial, studi dan karir mahasiswa.
  3. Pemberian pelatihan-pelatihan kecil kepada mahasiswa secara berkelompok (10-15 orang) untuk pengembangan pribadi, sosial, studi dan karirnya, dengan tema-tema seperti tips sukses studi, pengembangan kepribadian yang menyenangkan, bagaimana meningkatkan kecerdasan emosional, dan sebagainya.
  4. Pemberian layanan rujukan kepada dosen wali untuk mahasiswa dengan permasalahan akademis, dan layanan rujukan lainnya.
  5. Menyediakan alat-alat tes psikologis seperti tes kepribadian, tes watak, tes minat dan potensi, tes gaya belajar, dan lainnya sebagai alat bantu dan penunjang proses belajar mahasiswa.

Beberapa manfaat yang diperoleh mahasiswa bila berkonsultasi di unit Konseling FILKOM:

  1. Masalah ditangani oleh ahli yang kompeten di bidangnya.
  2. Memberikan solusi yang lebih terarah dan profesional.
  3. Kerahasiaan identitas dan masalah terjaga.

Share