Program Studi Teknik Komputer

Berkontribusi dalam menghasilkan perekayasa sistem berbasis komputer handal pada bidang sistem komputasi modern, perangkat kendali otomatis berbasis komputer, dan jaringan perangkat cerdas.

Bidang Minat

Rekayasa Perangkat Cerdas

Keminatan yang menekankan pada level implementasi perangkat komputer dan mengkombinasikannya dengan metode kontrol atau kecerdasan buatan

Rekayasa Sistem Komputer

Keminatan yang menekankan pada level perancangan atau implementasi arsitektur dan infrastruktur sistem berbasis komputer

Embedding Determination and Innovation in Tradition

Mempersiapkan mahasiswa dan menghasilkan lulusan menuju Revolusi Industri 4.0, Kurikulum kami mengintegrasikan Computer Engineering Computing Curricula yang disusun oleh ACM dan Sertifikasi Profesional National Instruments untuk menghasilkan Sarjana Teknik yang siap bersaing pada bidang sistem komputasi modern, perangkat kendali otomatis berbasis komputer, dan jaringan perangkat cerdas.
Program studi Teknik Komputer memiliki 2 (dua) keminatan. Keminatan adalah fokus minat yang bisa dipilih mahasiswa ketika masuk pada semester 5 (lima) antara lain adalah keminatan Rekayasa Sistem Komputer dan Rekayasa Sistem Cerdas. Mata kuliah keminatan dapat dikombinasikan dengan mata kuliah pilihan non-keminatan (umum). Keminatan ini bertujuan untuk melakukan spesifikasi kemampuan dan keminatan proses belajar mahasiswa.

Testimoni

​‌“
"We are Family Dengan #satudulur, iklim kekeluargaan sangat terasa di prodi TKOM.
Sarana prasarana dan kegiatan yang sangat mendukung perkuliahan adalah jalan menuju cita-cita kita."

image
Maystya Tri Handono
Master Student National Central University Taiwan
"Saya merasa sangat beruntung menjadi lulusan Teknik Komputer FILKOM UB. Kurikulum mata kuliah yang matang dan sistematis. Bukan sekedar itu, jurusan ini juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan, baik akademik maupun non akademik. Para mahasiswa dengan mudah melakukan diskusi di luar jam perkuliahan dengan dosen. Ikatan alumninya juga luar biasa. Intinya menurut pengalaman pribadi dan pengamatan saya, Teknik Komputer FILKOM UB adalah yang terbaik. Jurusan yang membawa kami (mahasiswa) di tempat terbaik kami, baik ketika kuliah maupun setelah lulus."
image
Novia Ulfa Nuraini
zsayin Sogutma Sanayi Ltd. Sti., Turki
"Tempat terbaik untuk mengasah hard skill dan soft skill.
Teknik Komputer merupakan tempat ideal untuk mahasiswa mengembangkan potensi terbaiknya, ditunjang dengan tenaga pengajar yang sangat kompeten serta fasilitas nomor satu, TKOM mampu menjadikan alumninya berkompeten di dunia kerja, dunia usaha dan dunia riset.
SISKOM SISKOM SATU DULUR SISKOM !!!
#SatuDulur"
image
Setyan Pamungkas
National Central University, Taiwan
"Indahnya kekeluargaan indahnya kebersamaan bisa kita rasakan disini dimana tidak ada gengsi, tidak ada sekat, tidak ada keegoisan dalam perbedaan karna kita tkom, tkom, satu dulur tkom!"
image
Ericko Lazuardi
Bank Indonesia, Jakarta
"Saya pribadi merasa bangga menjadi angkatan pertama di prodi TKOM
Karena pelajaran berharga yang mungkin belum tentu saya temukan di tempat lain, Yang mana pengalaman itulah yang mengantarkan saya sampai sejauh ini. Sekali lagi saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran tenaga pendidik di Prodi TKOM. Semoga ilmu yang telah diturunkan kepada kami, bermanfaat bagi semua.
Aamiin."
image
Rizal Pamungkas
Monster Group Indonesia
"Great class with awesome lectures!"
image
Rania Akhmalia
Backend Developer at Clapping Ape, Jakarta

TKOM dalam angka

Berikut merupakan statistik dari data jumlah keminatan, dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Komputer.
2
Bidang Minat
14
Dosen
1090
Mahasiswa
139
Mahasiswa Baru
344
Lulus
PT. Global Digital Prima
PT. Adicipta Inovasi Teknologi
PT. IBM Indonesia
CISCO
PT. Oracle Indonesia
National Instrument